5 Ruas Tol Trans Jawa Fungsional Mulai Dibuka untuk Mudik

Image title
7 Juni 2018, 17:19
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Sejumlah kendaraan pemudik memadati ruas tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (22/6). Puncak arus mudik di tol Cipali diprediksi terjadi pada H-3 dan H-2 Lebaran.

Menteri Perhubungan (Menhub) memastikan lima ruas  jalan tol fungsional Trans Jawa untuk mudik Idul Fitri 1439 H dapat dilalui mulai besok, Jumat (8/6) pukul 06.00 WIB. Total panjang tol yang bisa dilalui secara gratis oleh para pemudik ini mencapai 253 kilometer.

Menurutnya, ruas-ruas tol ini jauh lebih baik dari perkiraan. "Apa yang dipersiapkan oleh Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) cukup baik," katanya ketika ditemui di Stasiun Gambir, Jakaryta pada Kamis (7/6).

(Baca: Sepuluh Titik Jalan Tol Rawan Macet saat Mudik Lebaran)

Adapun lima ruas tol fungsional tersebut adalah Pemalang-Batang sepanjang 39 kilometer (km), ruas tol Batang-Semarang (74 km), ruas Semarang-Solo (32 km). Lalu, ruas Sragen-Ngawi (55 km) yang merupakan bagian dari tol Solo-Ngawi dan ruas Wilangan-Kertosono (37 km) yang merupakan bagian ruas Ngawi-Kertosono.

Meski menilai kondisi jalannya sudah cukup baik, Budi mengatakan kecepatan maksimal kendaraan berpacu di ruas-ruas tol fungsional ini berbeda-beda. Beberapa ruas maksimal kecepatan 60 km per jam, namun ada juga yang hanya mencapai 40 km per jam. (Baca: Jadwal Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 10% Berbeda Tiap Ruas)

Dia pun mengimbau masyarakat pemudik yang ingin melintas, agar menaati aturan kecepatan maksimal yang sudah ditetapkan. "Karena ada beberapa tempat yang memang belum selesai sama sekali, tetapi persiapannya baik sekali," katanya. 

 Budi juga memastikan, penerangan di ruas-ruas jalan tol funsional ini juga sudah baik meskipun masih ada beberap titik yang belum siap. Untuk itu, Budi mengingatkan pemudik untuk mempersiapkan diri menghadapi titik-titik yang masih belum sepenuhnya siap.

Total panjang jalan tol Jakarta-Surabaya sekitar 759 km, terdiri dari 534 km telah beroperasi dan 235 km masih fungsional. (Baca: Permudah Kabar Mudik, Istana Siapkan Infomudik.go.id)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait