Kereta Layang Jabodetabek Dicoret dari Proyek Strategis Kemenhub

Ameidyo Daud Nasution
7 Juni 2018, 10:27
Proyek Kereta Bandara
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Kementerian Perhubungan memangkas empat proyek kereta api non-Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari daftar rencana strategis Kemenhub 2015-2019. Keempat proyek tersebut adalah Kereta Layang Melingkar Jabodetabek, Kereta Bandara Kulonprogo, Kereta Tanjung Karang - Pelabuhan Panjang, serta Kereta Pelabuhan Teluk Lamong.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri beralasan dicoretnya proyek tersebut dari rencana strategis terkait dengan kesepakatan pendanaan yang sulit dicapai hingga tahun depan. Selain itu, ada pula permasalahan sensitif seperti lahan yang membayangi pengerjaan Kereta Bandar Kulonprogo.

"Proyek yang dicoret akan masuk ke dalam Renstra berikutnya," kata Zulfikri di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (6/6).

Permasalahan pada proyek kereta memang sulit. Pemerintah juga sudah menghapus tujuh proyek kereta dari daftar proyek strategis nasional (PSN). Zulfikiri mengatakan salah satu aspek lainnya adalah pendanaan yang masih mengandalkan harga komoditas sebagai komponen balik modalnya.

(Baca: Proyek Kereta Paling Banyak Dicoret dari Daftar Proyek Strategis)

Sebagai upaya merealisasikan proyek-proyek kereta, kedepannya Kemenhub akan fokus untuk pembebasan lahan terlebih dahulu agar pembangunannya dapat berjalan lebih lancar. Menurut dia, penetapan lokasi juga perlu menjadi fokus kelanjutan proyek kereta api.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...