Tol Becakayu Sepi Saat Lebaran, Waskita Beri Diskon Tarif 28%

Ameidyo Daud Nasution
31 Mei 2018, 21:28
becakayu
Risky Andrianto | ANTARAFOTO

PT Waskita Toll Road akan memberikan diskon tarif untuk Tol Bekasi - Cawang - Kampung Melayu (Becakayu). Besaran diskonnya mencapai 28 persen sepanjang periode lebaran tahun ini, yakni mulai 8 Juni hingga 23 Juni mendatang.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan pemberian diskon yang cukup besar itu agar masyarakat tertarik menggunakan tol tersebut. Dia memperkirakan tol Becakayu relatif sepi saat periode lebaran, sehingga perlu upaya untuk menambah lalu lintas harian tol tersebut.

"Harganya dari Rp 14 ribu jadi Rp 10 ribu," kata Herwidiakto di Jakarta, Kamis (30/1). (Baca Ekonografik: Rp 344 Ribu Ongkos Tol Jakarta-Surabaya)

Meski memberikan diskon besar, Herwidiakto memastikan hal ini tidak akan berpengaruh terhadap pendapatan Waskita Toll Road. Dia mengakui memang ada penurunan pendapatan untuk ruas tol Becakayu, tapi relatif kecil, tidak akan mencapai 5 persen dari pendapatan sebelumnya.

Sepanjang musim mudik lebaran tahun ini, pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah sepakat memberikan diskon tarif tol. Berdasarkan keterangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), diskon ditetapkan rata-rata 10 persen untuk tanggal 13-14 Juni dan 18-19 Juni. Diskon periode tersebut berlaku untuk 19 ruas tol, salah satunya Jakarta - Cikampek milik Jasa Marga.

(Baca: Jadwal Diskon Tarif Tol Mudik Lebaran 10% Berbeda Tiap Ruas)

Selain itu ada pula operator yang menerapkan diskon 10 persen sepanjang 15-17 Juni mendatang. Operator yang memberlakukan diskon pada tanggal itu adalah Astra di tol Tangerang - Merak, Cikampek - Palimanan, serta Jombang - Kertosono.

"Ini bentuk peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan tol," demikian keterangan Kementerian PUPR.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...