Menhub Pesimistis LRT Jakpro Rampung Sebelum Asian Games

Ameidyo Daud Nasution
31 Mei 2018, 14:15
Proyek LRT Jakarta
ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa pesimistis proyek kereta listrik ringan atau Light Rail Transit (KRT)  Velodrome - Kelapa Gading akan selesai tepat waktu, yakni bulan Juli mendatang. Dia menerima laporan laporan bahwa progres pembangunan proyek yang dikerjakan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) ini belum mencapai 80 persen.

"Saya akan tanya Jakpro, apa bisa selesai saat waktu pelaksanaan Asian Games," kata Menhub Budi saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/5). (Baca: Kalla Targetkan Beres Juni, Arena Asian Games Dikerjakan 24 Jam)

Dia menjelaskan dalam beberapa proyek transportasi, pengerjaan konstruksi yang progresnya sudah mencapai 70 persen akan semakin bertambah rumit. Pengerjaannya memerlukan ketelitian dan sangat detail, seperti pemasangan rel dan pekerjaan kritis lainnya.

Hari ini Budi akan memanggil Direksi Jakpro untuk melaporkan kepastian penyelesaian proyek kereta ringan tersebut. Dia berharap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta ini bekerja lebih keras, agar pengerjaan proyek LRT Velodrome - Kelapa Gading bisa rampung sesuai jadwal. Meski begitu, dia juga mengingatkan bahwa aspek keselamatan tetap menjadi perhatian.

"Nanti tim dari PT Kereta Api Indonesia juga akan mengevaluasi kelayakan konstruksi yang dibuat," kata Budi yang pernah menjadi Dirut Jakpro ini.

(Baca: INKA mulai Kirim 4 Kereta LRT ke Palembang)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...