7 Investor Tiongkok dan Korea Berminat Garap Proyek LRT Ratu Prabu

Image title
16 Mei 2018, 22:07
LRT
Akbar Nugroho Gumay|ANTARA FOTO

PT Ratu Prabu Energi Tbk menyatakan tetap berkomitmen untuk membangun proyek kereta listrik ringan atau Light Rail Transit (LRT) yang digagasnya di DKI Jakarta. Perseroan menyebutkan saat ini sudah ada tujuh perusahaan yang tertarik menjadi investor sekaligus kontraktor untuk proyek tersebut.

"Peminatnya yang sudah diundang ada enam perusahaan asal Tiongkok dan satu perusahaan dari Korea," ujar Presiden Direktur Ratu Prabu Burhanuddin Bur Maras di Gedung Ratu Prabu I, Jakarta, Rabu (16/5).

Advertisement

Bur Maras mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu proposal proyek yang akan diajukan oleh masing-masing peminat. Targetnya, proposal dari para peminat proyek tersebut sudah terkumpul semuanya pada pertengahan Juni mendatang. Proposal ini menjelaskan komitmen kesanggupan masing-masing perusahaan ikut menggarap proyek ini. Ratu Prabu akan menyaring perusahaan yang betul-betul memiliki kemampuan teknis dan keuangan.

Proposal yang diajukan oleh tujuh perusahaan ini adalah untuk pembangunan Fase I sepanjang 115 kilometer dengan total investasi Rp 94 triliun. Pengerjaannya dibagi tiga tahap. Tahap pertama dari Kota ke Jalan Jenderal Sudirman. Tahap kedua, sepanjang jalan Daan Mogot dan tahap tiga menuju Bandara Soekarno Hatta. Dia menjelaskan total panjang proyek LRT yang dibangunnya mencapai 485 kilometer yang terbagi dalam 14 jalur. Total dana investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 415 triliun.

Penyediaan sarana keretanya juga sudah masuk dalam tender. Pendanaan investasi proyek LRT yang sangat besar ini akan didapat dari negara perusahaan pemenang tender. Misalnya, jika investor Korea menang, maka perusahaan tersebut akan meminjam dari Korea Exim Bank dan bank sindikasi lainnya.

Setelah proses tender selesai, Ratu Prabu akan segera mengurus perizinan dan memulai konstruksi. “Kami perkirakan dalam waktu satu tahun dari sekarang, semester II-2019 bisa mulai dikerjakan,” kata Bur Maras.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement