Gelar RUPS, Pertamina Belum Tetapkan Direktur Utama

Image title
2 Mei 2018, 18:41
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

PT Pertamina menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hari ini. RUPS ini hanya membahas kinerja dan pembagian dividen, tanpa ada pembahasan soal kekosongan direktur utama holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Dua pekan lalu, Pertamina baru saja melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) dengan merombak jajaran direksi. Menteri BUMN mencopot Empat direksi dan direktur utama perseroan. Keempat direksi digantikan dengan nama-nama baru. Sementara posisi direktur utama kosong dan Direktur SDM Nicke Widyawati merangkap sebagai pelaksana tugas.

Advertisement

RUPS hari ini pun tidak mengangkat direktur utama defintif. "Hanya fokus membahas kinerja tahunan saja," kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno kepada Katadata.co.id pada Rabu (2/5).

Pemerintah sebagai pemegang saham menyetujui Pertamina membagikan dividen sebesar Rp 8,5 triliun.  Nilai ini merupakan 24 persen dari total laba yang diatribusikan perusahaan tahun lalu, yakni US$ 2,54 miliar atau sekitar Rp 35,42 triliun.

(Baca: Rini Copot Elia Massa Manik dan Empat Direktur Pertamina)

Perolehan laba tahun lalu turun 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satu faktor yang membuat laba ini turun karena harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dunia yang naik. Sepanjang 2017, realisasi rata-rata harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) mencapai US$ 51,17 per barel. Asumsi ICP berdasarkan Rencana Kerja Perseroan 2017 adalah US$ 48 per barel.

Selain itu, RUPS menyetujui laporan pendapatan 2017 yang telah diaudit naik 18 persen, menjadi US$ 42,96 miliar, dibandingkan pendapatan 2016 yang sebesar US$36,49 miliar. Pertumbuhan pendapatan dipicu oleh naiknya penjualan minyak mentah dan produk baik di dalam negeri maupun ekspor. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement