Target Pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Molor ke 2021

Image title
2 Mei 2018, 15:08
 Kereta Cepat Jakarta-Bandung
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto udara proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung di perkebunan teh Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (6/2).

Jadwal pengoperasian proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mundur. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan proyek ini bisa beroperasi pada Maret 2021. Padahal, sebelumnya dia menargetkan pada akhir 2020.

Dia menjelaskan mundurnya target pengoperasian ini dikarenakan proyek tersebut harus menjalani masa uji coba. "Jadi testing makan waktu lama, antara 3-4 bulan untuk menjaga betul-betul keselamatan," kata Rini saat meninjau Proyek Inlet Tunnel 1 KCJB di Halim, Jakarta pada Rabu (2/5).

Saat ini progres pembebasan lahan proyek KCJB sudah mencapai 64,2 persen dan akan segera dituntaskan seiring dengan percepatan pembangunan KCJB. Rini menargetkan pembebasahan lahan di 22 titik akan rampung pada 7 Mei mendatang. (Baca: Tiongkok Cairkan Utang Rp 2,2 Triliun untuk Proyek Kereta Cepat)

Target pembebasan lahan ini juga meleset dari perkiraan awal, yang seharusnya rampung pada akhir April lalu. "Tapi, ternyata butuh kira-kira satu minggu lagi untuk menyelesaikan 22 titik," kata Rini.

Kunjungan Rini ke proyek KCJB hari ini dilakukan bersama President of China Railway Corporation (CRC) Lu Dongfu. Inlet Tunnel 1 sepanjang 1.830 meter yang ditinjau, merupakan salah satu titik kritis dari total 16.375 m leter Tunnel yang akan dikerjakan selama 26 bulan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...