Pemerintah Gandeng Mitsubishi untuk Riset Pengembangan Mobil Listrik

Ameidyo Daud Nasution
25 April 2018, 22:04
Serah Terima Mobil Listrik
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua kanan) menerima secara simbolis kunci kendaraan listrik Mitsubhisi dari CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko (kedua kiri) disaksikan Mensesneg Pratikno (kiri), Menteri LHK Siti Nurbaya (tengah) dan Wamenkeu Mardiasmo (kanan) di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (26/2). Mitsubishi Motors memberikan delapan mobil listrik Mitsubishi Outlander PHEV dan dua i-MiEV serta empat unit quick charger kepada pemerintah Indonesia

Chief Executive Officer Mitsubishi Motor Osamu Masuko mengatakan hingga setahun ke depan Mitsubishi bersama dengan pemerintah akan memulai riset soal mobil listrik di Indonesia. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tantangan pengembangan mobil ini ke depannya.

Osamu mengatakan tren ke depan mobil listrik ini akan marak ke depannya. Apalagi sejak diperkenalkan pada tahun 2009, pemahaman konsumen Indonesia akan kendaraan ini telah meningkat. “Kami akan cari tahu kondisi dan tantangannya,” kata dia saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/4).

Advertisement

(Baca: Mitsubishi Hibahkan 10 Mobil Listrik ke Pemerintah)

Kementerian Perindustrian juga menargetkan 20 persen kendaraan yang lalu lalang di Indonesia tahun 2025 bertenaga listrik. Menurut Osamu target ini cukup realistis dan akan didukung pabrikan mobil Jepang tersebut. Meski masih ada beberapa negara lain yang menargetkan lebih tinggi.

Dia beralasan kondisi geografis Indonesia yang merupakan kepulauan, sangat cocok untuk mengembangkan infrastruktur kelistrikan. Beberapa sumber energi listrik yang bisa dikembangkan adalah panel surya dan pembangkit listrik tenaga angin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement