DPR Belum Sepakati Pembentukan Panja Keselamatan Konstruksi

Ameidyo Daud Nasution
22 Maret 2018, 10:19
Pembangunan Jalur MRT Fatmawati
ANTARA FOTO/Atika Fauziyyah

Pembentukan Panitia Kerja (Panja) Keselamatan Konstruksi ternyata belum disepakati seluruh anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Wakil Ketua Komisi V dari Fraksi PDIP Lasarus mengatakan masih perlu pembicaraan di internal fraksi dan komisi mengenai perlu tidaknya pembentukan Panja ini.

Dia mengungkapkan bahwa fraksinya, PDIP, masih perlu mengetahui tujuan utama Panja tersebut. Apalagi dirinya melihat masih ada upaya dari pemerintah untuk mengatasi maraknya kecelakaan konstruksi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini. 

"Kami diskusikan dulu apa diperlukan (Panja). Jangan sampai rapat tapi tidak ada tujuannya," kata Lasarus di penghujung Rapat Dengar Pendapat Komisi V dengan pemerintah di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (21/3). (Baca: Banyak Kecelakaan, BPK Siap Audit Investigasi Proyek Infrastruktur)

Selain PDIP, hampir seluruh fraksi di Komisi V juga masih mempertanyakan perlu tidaknya pembentukan Panja Keselamatan Konstruksi. Namun, Wakil Ketua Komisi V dari fraksi PKS Sigit Sosiantomo mengatakan fraksinya setuju Panja ini dibentuk. "Saya setuju adanya Panja agar dapat diselesaikan secara holistik," katanya.

Wakil Ketua Komisi V lainnya dari Fraksi Golkar yakni Muhidin M Said juga menyatakan kehadiran Panja bermanfaat untuk mengetahui akar masalah kecelakaan konstruksi. Apalagi saat kunjungan Komisi V ke salah satu proyek infrastruktur, dia melihat memang ada kelemahan dalam pengawasan proyek yang dilakukan konsultan.

"Perlu dicari sebab musababnya," ujar dia. Oleh sebab itu, Ketua Komisi V Fari Djemy Francis di akhir rapat mengatakan pembahasan mengenai panja akan dibahas dulu secara internal Komisi V. (Baca: KKK Sebut Kecelakaan Konstruksi Disebabkan Subkontraktor Tak Disiplin)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...