Luhut Ajak Maskapai Buka Penerbangan Langsung dari Silangit ke India

Ameidyo Daud Nasution
19 Maret 2018, 14:05
Luhut Binsar Pandjaitan
Arief Kamaludin|KATADATA
Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan

Pemerintah mengajak maskapai Indonesia maupun India membuka penerbangan langsung dari negara tersebut menuju Bandara Silangit di Sumatera Utara. Hal tersebut dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka Forum Infrastruktur India-Indonesia di Jakarta, Senin (19/3).

Menurut Luhut, penerbangan langsung ini bisa memacu sektor pariwisata Indonesia. Selain Bandara Silangit, dia juga mengajak maskapai membuka penerbangan langsung dari India menuju Bangka - Belitung hingga Bandara Komodo di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Advertisement

"Bisa saja AirAsia, Batik Air, atau Jet Aiways. Siapa saja mau masuk buat kami bagus," kata Luhut. (Baca: AirAsia Ingin Jadikan Bandara Silangit Hub Penerbangan Asia)

Targetnya, paling tidak penerbangan langsung dari India dapat dimulai pada tahun ini. Dia mengatakan dengan adanya penerbangan langsung ke beberapa titik wisata, jumlah turis India dapat dipacu lebih pesat. Apalagi, pemerintah sedang menggenjot pariwisata di wilayah ini.

Luhut mengatakan rencana investasi India di bidang infrastruktur tidak terbatas sektor penerbangan saja. Ada pula sejumlah proyek pembangkit listrik, jalan, serta pelabuhan yang dapat ditawarkan. Sektor lainnya adalah farmasi serta teknologi informasi yang menjadi andalan India. "Karena teknologi informasi mereka maju sekali," ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement