Marak Kecelakaan, Waskita Waspada Pilih Proyek Infrastruktur Layang

Ameidyo Daud Nasution
14 Maret 2018, 20:34
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin

Kecelakaan yang marak terjadi berbuntut sanksi ternyata tidak membuat PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengendurkan kinerjanya. Namun kontraktor plat merah tersebut memilih untuk berhati-hati memilih proyek, terutama yang memiliki konstruksi melayang (elevated).

Direktur Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Waskita Agus Sugiono mengatakan tidak memilih-milih proyek yang akan dikerjakannya. Namun, akan sangat berhati-hati dalam menangani konstruksi melayang (elevated) kedepannya. Beberapa proyek yang diincar saat ini juga merupakan infrastruktur sejajar permukaan tanah seperti jalan tol Jakarta-Cikampek Selatan, tol Probolinggo-Banyuwangi, hingga tol Penajam-Balikpapan.

Advertisement

"Selain (menyelesaikan) Becakayu, proyek lainnya rata-rata at grade (sejajar tanah) semua," kata dia usai diskusi di Jakarta, Rabu (14/3). (Baca: Waskita Karya Hentikan Shift Malam Pekerjaan Konstruksi Layang)

Kecelakaan yang terjadi ternyata juga tidak serta membuat perolehan kontrak Waskita surut. Agus menjelaskan Waskita menargetkan perolehan kontrak baru naik 27,3 persen dari Rp 55 triliun tahun lalu menjadi Rp 70 triliun tahun ini. Meski terlihat cukup besar, Waskita optimistis target tersebut realistis.

Target ini pun akan disesuaikan dengan kondisi teknis dan kesiapan sumber daya manusia yang ada. Apalagi tahun ini akan banyak pekerjaan proyek lama yang akan selesai pembangunannya. Kesiapan SDM menjadi sangat penting untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengerjaan proyek. 

Direktur Utama Waskita M. Choliq sempat mengakui kecelakaan kerja yang kerap terjadi pada proyek yang dikerjakan perusahaannya terjadi akibat adanya kelemahan dalam pengawasan. Bertambah besarnya proyek yang digarap Waskita menjadi salah satu alasan lemahnya pengawasan konstruksi.

(Baca: Direksi Hingga Kepala Proyek 3 BUMN Karya Akan Dicopot)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement