Pemprov Jakarta Belum Putuskan Skema Pembiayaan Rumah DP 0 Rupiah

Ameidyo Daud Nasution
14 Maret 2018, 18:54
Groundbreaking Klapa Village
Facebook @aniesbaswedan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih belum juga menetapkan skema pembiayaan dalam program rumah dengan uang muka (down payment) Rp 0. Kepala Dinas Perumahan Agustino Darmawan mengaku belum mengetahui apakah uang muka talangan ini diambil dari anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atau lewat pemerintah pusat melalui Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

Program ini menjadi salah satu andalan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat kampanyenya tahun lalu. Namun, hingga kini program tersebut belum juga bisa terealisasi, karena skema pembiayaannya masih belum jelas.

Agustino mengatakan Pemprov DKI masih mengkaji dua opsi skema pembiayaan tersebut dan belum bisa mengatakan lebih lanjut saat ini. Program uang muka ini nantinya akan menumpang Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sehingga masyarakat mendapat subsidi bunga kredit pemilikan rumah sebesar 5 persen. Sedangkan kewajiban uang muka sebesar 1 persen akan ditalangi DKI Jakarta.

"Nanti, kami masih godok (pembiayaannya) sekarang," kata dia usai sosialisasi program ini di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (14/3). (Baca: Rusun DP Nol Rupiah Diresmikan Anies, Skema Pendanaan Belum Final)

Agustino mengatakan sebenarnya pemerintah pusat telah memberi alokasi kuota pemberian FLPP tiap daerah. Namun, ada kemungkinan alokasi tersebut belum cukup. Pemprov DKI Jakarta masih menghitung berapa besar kekurangannya dan berapa besar dana yang bisa ditutupi oleh anggaran daerahnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...