Jasa Marga Gratiskan Tiga Ruas Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran

Ameidyo Daud Nasution
8 Maret 2018, 17:42
Tol Salatiga-Kartasura
Kementerian PUPR
Pembangunan jalan tol Salatiga-Kartasura

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan akan memfungsikan tiga ruas tol Trans Jawa pada saat musim mudik lebaran tahun ini. Para pemudik bisa melalui jalan tol tersebut tanpa dikenakan biaya alias gratis.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan beberapa ruas tol Trans Jawa yang digratiskan tersebut adalah tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura. Ketiganya masih dalam proses pembangunan dan akan difungsikan saat musim mudik lebaran tahun ini.

"Nanti akan dikenakan biaya kalau sudah benar-benar beroperasi," kata dia di kantornya, Jakarta, Kamis (8/3). (Baca: Kementerian PUPR Akan Fungsikan 85 Km Tol Trans Jawa pada Lebaran 2018)

Desi mengatakan tol yang fungsional tahun ini akan lebih baik ketimbang tahun lalu. Ini lantaran pekerjaan elevasi tol serta rigid pavement atau perkerasan beton sudah rampung sepenuhnya. Dia juga menambahkan untuk arah ke Jakarta masih ada sedikit pekerjaan, tapi tetap bisa digunakan.

"Semarang ke arah sana (Solo) sudah rigid, kalau ke arah Jakarta masih bekerja sebagian tapi elevasinya sudah selesai," katanya.

Adapun ruas tol Solo-Ngawi-Kertosono ditargetkan rampung pembangunannya dan bisa beroperasi pada lebaran mendatang. Desi juga menargetkan untuk tol Ngawi-Kertosono porsi Jasa Marga sepanjang 49 kilometer akan dioperasikan dalam waktu dekat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...