Totalindo Garap Proyek Rumah DP 0 Rupiah Anies-Sandi

Image title
23 Februari 2018, 19:54
Groundbreaking Klapa Village
Facebook @aniesbaswedan
Gubernur Anies Baswedan (paling kiri) tinjau desain maket rumah susun DP 0 Rupiah Klapa Village

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PD Pembangunan Sarana Jaya, telah menetapkan PT Totalindo Eka Persada Tbk. sebagai mitra. Kedua perusahaan ini akan menggarap proyek Rumah DP Rp 0 Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Direktur Pengembangan PD Pembangunan Sarana Jaya Denan Kaligis menjelaskan pihaknya telah membuka penawaran umum untuk mencari mitra untuk menggarap proyek-proyeknya akhir tahun lalu. Dalam masa penawaran tersebut hanya Totalindo yang mendaftar.

Advertisement

"Kami lakukan penawaran itu tanggal 18 desember 2017. Yang masuk waktu itu, hanya dari Totalindo," ujarnya dalam konfrensi pers di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (23/2). Penawaran tersebut dilakukan bertepatan dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek Klapa Village oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

(Baca: Rusun DP Nol Rupiah Diresmikan Anies, Skema Pendanaan Belum Final)

Alasan lain Sarana Jaya memilih Totalindo karena hasil studi yang dilakukan oleh tim mereka menyimpulkan perusahaan tersebut memiliki pengalaman yang cukup banyak dan cukup baik. Terlebih lagi, Totalindo merupakan perusahaan terbuka yang tercatat di BEI. 

Direktur Utama Totalindo Donald Sihombing menjelaskan pada 20 Desember 2017, pihaknya mengirimkan surat yang menyatakan berminat atas tawaran calon mitra kerja sama kepada Sarana Jaya. Kemudian Sarana Jaya meminta Totalindo mempresentasikan perusahaannya.

Hasilnya, Sarana Jaya menyetujui dan sepakat untuk bekerja sama. Dalam kesepakatan awal, Sarana Jaya dan Totalindo melakukan kerja sama operasional (KSO) untuk membangun empat tower komersial. Kemudian pada awal Januari 2018, Sarana Jaya meminta Totalindo agar pembangunan salah satu tower komersial tersebut diganti dengan rumah susun DP 0 Rupiah Klapa Village.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement