Waskita Karya Hentikan Shift Malam Pekerjaan Konstruksi Layang

Ameidyo Daud Nasution
22 Februari 2018, 20:25
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menghentikan pekerjaan giliran (shift) malam dalam pembangunan konstruksi jalan melayang (elevated). Ini dilakukan menyusul maraknya kecelakaan proyek infrastruktur yang melibatkan perusahaan plat merah karya tersebut.

Direktur Operasi II Waskita Nyoman Wirya Adnyana mengatakan penghentian ini dilakukan untuk mencari pola kerja yang tepat dan agar pekerja merasa segar dan nyaman dalam mengerjakan pemasangan girder nonstandar. Girder ini biasanya digunakan untuk pekerjaan jalan layang.

Advertisement

(Baca: Jokowi Perintahkan Hentikan Semua Proyek Jalan Layang)

"Untuk sementara pekerjaan girder nonstandar hanya dilakukan sampai jam 17.00 saja," kata dia dalam acara diskusi di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (22/2). Sebelumnya pekerjaan dilakukan 24 jam tanpa henti atau sehari semalam penuh.

Meski telah menetapkan batas jam kerja pemasangannya, dia masih membuka kemungkinan diperpanjang dan memberikan toleransi waktu paling tidak sampai pukul 21.00. Ini bisa dilakukan apabila jumlah girder dalam satu ikatan satu ikatan dapat dirampungkan. Misalnya, dalam satu ikatan ada 12 girder, tapi jam 17.00 baru 11 yang terpasang. Dalam kasus ini, pengerjaan pemasangan satu girder lagi bisa dilanjutkan hingga jam sembilan malam.

Nyoman juga mengakui ada kelalaian dalam pekerjaan proyek infrastruktur Waskita. Namun menurutnya hal tersebut bukan berarti komtraktor plat merah itu gagal mengantisipasi kesalahan sejak awal proyek. Dia mencontohkan adanya gerakan arah angin yang kadang terjadi di luar prediksi, sehingga berdampak pada pengerjaan di lapangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement