Jokowi Lantik Idrus Marham Jadi Mensos, Moeldoko Gantikan Teten

Ameidyo Daud Nasution
17 Januari 2018, 11:26
pergantian menteri
Katadata/Ameidyo Daud
Presiden Jokowi melantik Idrus Marham sebagai Menteri Sosial dan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan perombakan kebinet (reshuffle). Pagi ini dia melantik anggota Kabinet Kerja baru, yakni Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham sebagai Menteri Sosial, menggantikan Khofifah Indar Parawansa dan mantan Panglima TNI Moeldoko sebagai Kepala Staff Presiden, menggantikan Teten Masduki.

Pelantikan Idrus didasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10p Tahun 2018 tentang Pengangkatan sebagai Menteri Sosial. Sedangkan Moeldoko berdasarkan Keppres Nomor 11p Tahun 2018 tentang Pengangkatan Kepala Kantor Staf Presiden.

Selain itu, Presiden juga melantik Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden, mengisi posisi yang ditinggalkan Hasyim Muzadi yang tutup usia beberapa waktu lalu. Kemudian Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), yang posisinya kosong setelah Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dianggkat menjadi Panglima TNI.

"Bahwa saya akan menjunjung tinggi etika jabatan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab," kata Jokowi yang diulangi empat anggota kabinet yang baru, saat pelantikan di Istana Negara, Rabu (17/1). (Baca: Reshuffle Diumumkan Hari Ini, Moeldoko dan Idrus Masuk Kabinet)

Pada perombakan kabinet hari ini tidak ada pergantian pada posisi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Sebelumnya beredar kabar posisi Airlangga yang menjadi Ketua Umum Golkar ini akan digantikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Namun, Teten malah digeser ke posisi Kepala Staf Khusus Presiden dan posisinya digantikan mantan Panglima TNI Moeldoko.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...