Rini Klaim Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Telah Berjalan

Image title
11 Januari 2018, 10:37
Rini Soemarno
Arief Kamaludin|Katadata

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim proses konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah berjalan. Dia membantah pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang menyebutkan bahwa tidak ada kemajuan yang berarti dalam pembangunan proyek ini.

Menurut Rini, masalah pembebasan lahan yang sempat menghambat proyek ini sudah bisa diselesaikan. “Alhamdulillah sekarang sudah hampir selesai semua. Terutama lahan yang di Halim karena itu paling sulit. Jadi mulai Minggu depan pembangunan yang di Halim mulai jalan” ujarnya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (10/1).

Advertisement

Dia mengatakan proses pembebasan lahan di sekitar kawasan Bandara Halim Perdanakusuma telah rampung. Pembayaran terakhir kepada warga telah dilakukan pada pekan lalu. Pembebasan lahan di Halim juga berefek pada cairnya pinjaman dari China Development Bank (CDB) untuk proyek kereta cepat ini. Rini memperkirakan, dana pinjaman tersebut akan turun dalam 10 hari ke depan.

(Baca: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diperpanjang Hingga Kertajati)

Selain masalah lahan, hambatan utama lain, yakni negosiasi dengan pihak pengembang (developer) juga sudah bisa diselesaikan. Sebelumnya, ada masalah perbedaan lokasi stasiun yang akan dibangun antara pemerintah dengan pengembang. Sehingga izin penetapan lokasi (Penlok) tidak bisa keluar, dan harus diubah.

"Dalam negosiasinya (dengan developer) itu harus ada stasiun di situ. Padahal kami sudah tentukan dengan partner, tidak bisa kalau di situ," ujar Rini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement