Meski Tak Capai Target, Angkutan Barang KAI Naik 13% Sepanjang 2017

Safrezi Fitra
9 Januari 2018, 17:23
Jalur Kereta Barang
Katadata | Arief Kamaludin

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengungkapkan belum bisa mencapai target angkutan barang melalui kereta api sepanjang tahun lalu. Dari target 39,9 juta ton angkutan barang 2017, Kereta Api Indonesia (KAI) hanya berhasil mengangkut 36 juta ton atau 91 persen dari target.

Meski tak mencapai target, jumlah barang yang diangkut KAI sepanjang 2017 sudah naik sekitar 13 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 32 juta ton.

Advertisement

“Kami berupaya keras supaya bisa membantu angkutan barang pindah, yang biasanya lari ke jalan raya, pindah ke kereta api dengan banyak tujuan,” ujar Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmono saat ditemui di Gedung Jakarta Railway Center (JRC), Selasa (9/1).

(Baca: Baru Bangun 11,9%, Jalur Kereta Api Tak Akan Capai Target Hingga 2019)

Tujuan yang dimaksud oleh Edi seperti mengurangi kemacetan, angka kecelakaan di jalan raya, dan agar jalan raya tidak cepat rusak. Banyak hal yang ingin dicapai oleh KAI dengan bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut.

Perusahaan plat merah ini berupaya dengan merumuskan perbaikan angkutan kereta barang yang terhubung ke pelabuhan-pelabuhan, seperti sedang membangun trek atau jalur rel kereta baru menuju Pelabuhan Tanjung Emas. Dia menyatakan sudah banyak persiapan yang dilakukan untuk mewujudkan hal ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement