Jokowi Akan Resmikan Kereta Bandara Soekarno Hatta 2 Januari 2018

Ameidyo Daud Nasution
20 Desember 2017, 10:06
Jokowi
Laily Rachev | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meninjau langsung pembangunan proyek Kereta Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (4/11)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan secara langsung pengoperasian Kereta Bandara Soekarno Hatta pada awal Januari tahun depan. Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Akan diresmikan oleh Presiden tanggal 2 Januari," kata Budi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (19/12).

Advertisement

Rencana Jokowi meresmikan proyek kereta ini sempat tertunda. Pada awalnya, Presiden dijadwalkan meresmikan kereta Bandara Soetta pada tanggal 11 Desember lalu. Namun hingga saat ini pengoperasian urung dilakukan. Padahal Jokowi pernah menyatakan target operasional angkutan massal ini pada Juli 2017.

(Baca: Baru Bangun 11,9%, Jalur Kereta Api Tak Akan Capai Target Hingga 2019)

Dari segi tarif, Budi Karya pernah menyatakan pihaknya tengah berupaya agar tarif Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bisa lebih murah dari rencana awal yaitu Rp 100 ribu untuk satu kali perjalanan. Berbagai upaya akan dilakukan untuk bisa merealisasikan rencana tersebut.

Dia sebenarnya mengakui bahwa tarif Rp 100 ribu masih terlalu mahal bagi masyarakat. Adapun penurunan tarif dinilai bisa meningkatkan pemanfaatan (utilisasi) modal transportasi tersebut oleh masyarakat. Apalagi, daya beli disebut-sebut sedang melemah.

"Ada indikasi kami (tetapkan) Rp 70-80 ribu," kata ujarnya. (Baca: Menhub Bidik Tarif Kereta Bandara Soetta Rp 70-80 Ribu Dibantu Sponsor)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement