Jokowi Akan Tinjau Dua Proyek Bendungan Pengendali Banjir Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
14 Desember 2017, 11:35
Bendungan Ciawi
Kementerian PUPR
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan proyek Bendungan Sukamahi dan Ciawi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/12)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada hari Selasa (12/12) lalu menyambangi pembangunan bendungan Sukamahi serta Ciawi di Kabupaten Bogor. Kedatangan Basuki ini lantaran Jokowi juga akan meninjau proyek ini dalam waktu dekat.

Pembangunan Bendungan Sukamahi sejatinya sudah direncanakan sejak 1990-an. Namun, rencana pembangunannya terkendala pembebasan lahan, karena warga menolak ganti rugi yang ditawarkan pemerintah. Rencana pembangunan proyek Bendungan Sukamahi dan Ciawi kembali digulirkan saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

(Baca: Jokowi Percepat Target Proyek Bendungan Terbesar Ketiga Indonesia)

Kini pembangunan keduanya telah berjalan dan menjadi bagian dalam 65 proyek bendungan prioritas yang dibangun pemerintah Jokowi dan Jusuf Kalla hingga 2019. Pembangunan kedua bendungan merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir (flood control) Jakarta.

Basuki meminta pembangunan bendungan tersebut dipercepat, tapi tetap harus memperhatikan prinsip kehati-hatian. "Saya juga meminta pohon ditebang seperlunya saja karena menjadi lansekap bendungan," kata Basuki dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (14/12).

Dua bendungan ini merupakan bendungan kering (dry dam) untuk mengendalikan banjir di DKI Jakarta. Bendungan yang akan rampung 2019 ini akan menahan aliran air dari hulu Gunung Gede dan Gunung Pangrango ke sungai Ciliwung, sehingga debit air yang masuk ke Jakarta dapat dikendalikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...