Bangun 3 Proyek Strategis 2018, Pelindo II Siapkan Rp 9 Triliun

Miftah Ardhian
11 Desember 2017, 16:35
Joko Widodo
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Joko Widodo didampingi Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama Pelindo II Elvyn G. Masassya meresmikan pengoperasioan Terminal Peti Kemas Kalibaru Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jakarta.

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) berencana membangun tiga proyek besar pada tahun depan. Total dana yang disiapkan untuk pembangunan proyek-proyek ini mencapai Rp 9 triliun. Di luar itu, masih ada beberapa proyek lainnya yang akan dikerjakan pada 2018.

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan sebagai salah satu perusahaan induk pengelola pelabuhan di Indonesia, perusahaannya memiliki beberapa proyek strategis. Pertama, Pelindo II akan membangun Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat.

Advertisement

(Baca: Pelindo IV Gandeng 4 BUMN Karya Berbisnis Properti)

Kedua, perusahaan pelat merah ini akan membangun gedung yang akan dinamakan Maritim Tower. Proyek ini diklaim merupakan gedung maritim pertama di Indonesia. Adapun, lokasi pembangunan gedung tersebut akan ada di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.

Ketiga, Pelindo II juga akan membangun proyek Inland Waterways Cikarang Bekasi Laut (CBL). Ini merupakan proyek pemanfaatan potensi sungai sebagai salah satu jalur transportasi kargo. Selama ini sekitar 60-70 persen kargo dari Pelabuhan Tanjung Priok didistribusikan ke Cikarang dengan menggunakan truk, yang menyebabkan kepadatan lalu lintas jalan.

Dengan proyek ini, kargo-kargo tersebut dikirim menggunakan kapal melalui jalur sungai. Inland Waterways akan menjadi jalur transportasi utama pengiriman barang dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan industri di daerah Cikarang dan sekitarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement