Status Siaga Erupsi Gunung Agung, Turis Asing ke Bali Berkurang 16%

Michael Reily
4 Desember 2017, 14:50
Gunung Agung
ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Wisatawan beraktivitas di Pura Besakih yang berlatar belakang Gunung Agung meletus di Karangasem, Bali, Selasa (28/11). Kawasan Pura Besakih termasuk dalam zona awas Gunung Agung yaitu sekitar 9 km dari kawah, namun masih ada sejumlah wisatawan nekat ke o

Status siaga Gunung Agung di Bali menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Bali, berkurang hingga 16 persen. Hal ini terlihat dari data Badan Pusat Statistik (BPS), berdasarkan jumlah wisman yang mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali.

BPS mencatat jumlah kunjungan turis asing yang masuk melalui bandara tersebut sepanjang Oktober 2017 hanya 462.263 kunjungan. Jumlah ini lebih rendah 87.975 kunjungan, dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 550.238 kunjungan.

Advertisement

(Baca: Erupsi Gunung Agung, Ratusan Turis Asing Ajukan Perpanjangan Visa)

"Penurunan jumlah wisman karena status siaga Gunung Agung sejak akhir September lalu," kata Suhariyanto kepada wartawan di Gedung BPS, Jakarta, Senin (4/12).

Suhariyanto mengungkapkan jumlah wisman yang datang ke Bali mencakup 40 persen total kunjungan turis asing secara keseluruhan yang datang ke Indonesia. Tercatat pada Oktober 2017, jumlah wisman yang datang ke Indonesia mencapai 1.158.599 orang.

(Baca: Erupsi Gunung Agung, Bali Rugi Rp 250 Miliar Tiap Hari)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement