Kembangkan 5 Pelabuhan, Pelindo I Harap Biaya Logistik Turun 30%

Miftah Ardhian
29 November 2017, 17:21
Tol Laut
Arief Kamaludin|KATADATA
Kapal logistik ini merupakan bagian dari program tol laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo sejak masa awal pemerintahannya.

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) tengah mengembangkan lima pelabuhan dari total 24 pelabuhan untuk mendukung program tol laut. Dengan pengembangan pelabuhan ini,  Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I yakin bisa menekan biaya logistik hingga 30 persen.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana menjelaskan lima pelabuhan yang sedang dikembangkan tersebut adalah Pelabuhan Malahayati, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Belawan, dan Pelabuhan Batam. Lima pelabuhan ini akan mendukung kesuksesan program tol laut. 

Apabila pelabuhan-pelabuhan ini sudah beroperasi maksimal, akan ada efisiensi biaya logistik yang bisa dicapai. Distribusi barang akan lebih banyak menggunakan kontainer yang diangkut menggunakan kapal laut. "Kalau ada perubahan dari non kontainer ke kontainer, ya bisa lah (turun) 30 persen," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, jakarta, Rabu (29/11).

(Baca: Kemenhub Klaim Tol Laut Turunkan Harga Barang Hingga 20%)

Bambang mencontohkan, Pelabuhan Malayahati yang sudah beroperasi saat ini. Pelindo I sudah berinvestasi dengan memberikan satu crane senilai Rp 40 miliar. Sebelumnya untuk membawa satu kontainer, membutuhkan biaya sebesar Rp 17-19 juta. Namun, dengan melewati pelabuhan ini, dengan fasilitas yang ada, biaya logistik bisa ditekan lebih dari 50 persen menjadi hanya sekitar Rp 9 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...