Infrastruktur Mulai Rampung, Jokowi Ajak Pengusaha investasi di Daerah

Ameidyo Daud Nasution
29 November 2017, 16:13
Jokowi di Tol Kualanamu
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Medan-Binjai sepanjang 10,6 km yang telah siap dioperasikan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan peluang bisnis di daerah semakin bertambah besar, seiring mulai rampungnya beberapa proyek infrastruktur. Hal ini dikatakannya di hadapan ratusan pengusaha Indonesia.

"Sudah ada infrastruktur daerah yang selesai sehingga membuat daerah mudah dan murah untuk dijangkau," kata Jokowi saat membuka acara Kompas 100  CEO Forum di Hotel Raffles. jakarta, Rabu (29/11).

Jokowi menjelaskan salah satu contoh infrastruktur yang telah dibenahi adalah Bandara Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. dan Bandara Silangit yang telah ditetapkan menjadi bandara internasional untuk membuka akses pariwisata Danau Toba. Bandara Belitung juga akan menyusul menjadi bandara internasional.

Infrastruktur lain yang sedang digarap adalah proyek jaringan serat optik Palapa Ring. Proyek ini dapat membuat masyarakat dapat menikmati internet dan merubah pola masyarakat. "Karena bagi masyarakat yang penting sekarang ada wi-fi," ujar Jokowi.

(Baca: Jokowi Jalankan Empat Strategi untuk Pacu Ekonomi Indonesia)

Bukan saja infrastruktur bandara yang telah rampung, paling tidak ada tiga ruas jalan tol yang alan segera rampung pada bulan depan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono benerapa waktu lalu mengatakan tiga ruas jalan tol tersebut adalah Soreang-Pasir Koja, Surabaya-Mojokerto, dan Solo-Ngawi.

Bahkan untuk ruas jalan tol Surabaya-Mojokerto rencananya akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Acara tersebut, menurutnya tinggal menunggu jadwal Presiden. "Saya kira habis dari Medan (resepsi pernikahan putri Presiden), Beliau akan meresmikan," katanya pekan lalu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...