Luhut Lapor Jokowi, Daerah Bekasi-Purwakarta Tak Bisa Jadi KEK

Ameidyo Daud Nasution
20 November 2017, 16:21
Luhut Binsar Pandjaitan
Arief Kamaludin|KATADATA
Menko Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan hari ini menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Usai pertemuan, Luhut mengaku membahas beberapa hal dengan mantan Walikota Solo tersebut. Salah satunya terkait proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Dia menjelaskan ada empat hal yang dilaporkan kepada Presiden. Pertama, terkait perhelatan akbar Sail Sabang 2017 di Aceh, yang rencananya akan digelar mulai 2 Desember mendatang.  Acara yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo itu, akan dibuka oleh Luhut.

Advertisement

Kedua, perkembangan proyek kereta ringan alias Light Rail Transit / LRT yang segera mendapatkan kepastian pendanaan. "Progressnya, financial closing tanggal 9 Desember tahun ini," ujar Luhut yang ditemui usai menghadap Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/11). (Baca: Belanja Modal Proyek LRT Ditambah Rp 1 Triliun)

Topik ketiga yang dilaporkan ke Presiden adalah persiapan resepsi pernikahan putri Jokowi, Kahiyang Ayu yang akan diselenggarakan di Medan.  Menurut Luhut, persiapan acara ini masih lancar dan tidak ada masalah. Acara ngunduh mantu usai pernikahan Kahiyang-Bobby rencananya digelar pada 24 hingga 26 November 2017 di Perumahan Bukit Hijau Regency Taman Setia Budi, Medan.

Sedangkan topik keempat, Luhut melaporkan kawasan industri terpadu Bekasi–Karawang–Purwakarta. Dia menjelaskan studi mengenai kawasan industri ini sedang berjalan dan ditargetkan awal bulan depan akan segera selesai. Tim yang mengkaji proyek ini terdiri dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement