Menhub Tegaskan Tak Ada Rencana Penjualan Bandara Soekarno Hatta

Ameidyo Daud Nasution
14 November 2017, 12:32
PENCEGAHAN KORUPSI PROYEK KEMENHUB
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tidak ada wacana untuk menjual Bandara Soekarno Hatta dengan cara apapun, termasuk dengan skema konsesi terbatas atau limited concession scheme (LCS) saat ini. Hal ini dikatakan Budi menjawab pernyataan mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli sebelumnya.

Budi mengatakan hingga saat ini tidak ada keinginan pemerintah untuk menjual bandara tersibuk di Indonesia tersebut. Dalam mengembangkan bandara tersebut dan  mencari pendanaan pemerintah akan mengkaji beberapa skema kerja sama dengan pihak swasta.

Advertisement

Dia menjelaskan saat ini Kemenhub sedang melakukan studi untuk pengelolaan kargo di bandara tersebut dengan skema kerja sama bersama investor. "Kami resmi tidak menjual (Bandara Soekarno Hatta)," kata Budi. (Baca: Rini Tawarkan Aset PLN ke Swasta untuk Alternatif Pendanaan)

Hal yang sama juga dikatakan Budi untuk Bandara Kualanamu ataupun Mandalika. Dirinya mengatakan pengembangan dua titik tersebut dari sisi transportasi hanya akan mengandalkan skema kerja sama terbatas, "Jadi bukan menjual," ujarnya.

Dia mencontohkan hal yang sama di sektor kepelabuhan. Budi mengatakan para Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I hingga IV hanya mengoperasikan pelabuhan dengan skema kerja sama dengan pemerintah. Aset pelabuhan tetap milik negara dan akan dikembalikan ke pemerintah, dalam hal ini Kemenhub.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement