Korsel Tawarkan Konsep Transportasi Cerdas di Jalan Tol

Ameidyo Daud Nasution
13 November 2017, 11:43
Basuki PUPR
Arief Kamaludin (Katadata)

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyatakan siap menggarap dan membiayai pembangunan lima proyek Infrastruktur di Indonesia. Selain itu, Korsel juga menawarkan pengembangan Intelligent Transport System atau sistem transportasi cerdas di jalan tol.

Hal ini disampaikan Menteri Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korsek Kim Hyun Mee saat bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, di Kantor Kementerian PUPR, pekan lalu. (Baca: BPJT Targetkan Sistem Tol Tanpa Berhenti Diterapkan Tahun Depan)

Basuki mengatakan Korsel akan mendatangkan tim ahlinya untuk menganalisis kemungkinan implementasi transportasi cerdas di jalan tol Indonesia. Dirinya menargetkan studi kelayakan akan dilakukan Februari-Juli 2018. "Jadi tidak implementasi dulu tapi studi kelayakan dulu," kata Basuki usai pertemuan tersebut, Jumat (10/11).

Dia mencontohkan bagian dari sistem transportasi cerdas adalah multilane free flow di jalan tol. Negara lain yang juga menawarkan sistem ini, adalah Hungaria. Dengan tawaran Korsel, pemerintah bisa mendapat perbandingan harga implementasi sistem ini.

Direktur Jenderal Bina Marga Arie Moerwanto mengatakan selain pembayaran tanpa henti, sistem tersebut akan menyediakan informasi yang memudahkan pengendara memilih rute tol. Pemerintah ingin pengembangan sistem seperti ini tidak dikuasai satu negara saja. "Lebih baik berkolaborasi agar (Indonesia) tidak ketergantungan," katanya.

(Baca: Indonesia – Korea Selatan Kerja Sama Kembangkan 9 Sektor Industri)

Di kesempatan yang sama Kim mengatakan Kementerian PUPR ingin mengimplementasikan sistem cerdas ini di seluruh jalan tol Indonesia. Apalagi pada tahun 2019, setidaknya akan ada 3.000 kilometer jalan tol yang beroperasi di dalam negeri. "Bapak Menteri ingin mengajak Pemerintah dan perusahaan Korsel untuk mengimplementasikan proyek ini," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...