Kementerian PUPR Targetkan Bendungan Raknamo Rampung November

Ameidyo Daud Nasution
19 Oktober 2017, 18:00
Bendungan
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Ilustrasi bendungan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan bendungan Raknamo di Nusa Tenggara Timur akan segera rampung pada akhir bulan November mendatang. Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Imam Santoso mengatakan saat ini proses konstruksi bendungan tersebut telah mencapai 98 persen.

"Raknamo mungkin akhir November (selesai pembangunannya)," kata Imam ditemui di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (19/10).

Dia memberitahukan rencananya peresmian Bendungan Raknamo akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan depan. Bendungan ini merupakan bagian dari 49 proyek bendungan yang dimulai pembangunannya di era pemerintahannya. 

"Dulu juga yang memulai (pembangunan Raknamo) adalah beliau (Jokowi)," katanya. Raknamo merupakan proyek bendungan pertama yang diresmikan pembangunannya Jokowi, dua bulan setelah menjabat Presiden Republik Indonesia. Tepatnya pada 20 Desember 2014. 

(Baca: Kementerian PUPR Klaim 9 Bendungan Terbangun di Era Jokowi)

Selain Raknamo, Imam juga menargetkan bendungan lainnya, yakni bendungan Tanju di Nusa Tanggara Barat akan selesai pada awal Desember mendatang. Untuk progres pembangunan bendungan Tanju ini dirinya mengatakan saat ini sudah berada di angka 95 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...