Undang Pengusaha Qatar, Kadin Incar Proyek Piala Dunia 2022

Michael Reily
18 Oktober 2017, 18:24
Kadin
Arief Kamaludin|KATADATA

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengadakan Indonesia-Qatar Business Forum. Acara ini menjadi bagian dari agenda kunjungan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani ke Indonesia. Fokus utama Kadin adalah keikutsertaan pengusaha Indonesia dalam proyek Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar.

Presiden Indonesia-Qatar Business Council Hendra Hartono mengungkapkan proyek Piala Dunia adalah proyek jangka panjang. "Sekarang kami fokus ke Piala Dunia. Karena ada pekerjaan sebelum, saat, dan sesudah Piala Dunia," kata Hendra kepada wartawan usai forum tersebut di Jakarta, Rabu (18/10).

Advertisement

Menurutnya, pertemuan para pengusaha kedua negara bakal membuka potensi Indonesia memasok barang dan jasa yang dibutuhkan oleh Qatar dalam Piala Dunia. Presentasi yang dilakukan para pengusaha Kadin juga akan menggali kemungkinan yang lebih besar.

Hendra mengaku bisnisnya bakal didorong secara business to business. Untuk menindaklanjutinya, Kadin juga berencana untuk mengunjungi Qatar pada Desember untuk pembahasan secara lebih detail dari potensi bisnis yang bakal terealisasi. Salah satu potensi yang Kadin ingin tingkatkan adalah ekspor material bangunan, seperti semen dan produk turunannya.

Wakil Ketua Komite Tetap Timur Tengah dan Negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Kadin IndonesiaMohamad Bawazeer menjelaskan peran Indonesia belum mampu menjadi kontraktor utama dalam proyek Piala Dunia. Namun, perusahaan bisa menjadi salah satu subkontraktor.

"Meski CEO untuk Piala Dunia 2022 tidak sempat hadir, kami sudah ada pembicaraan untuk ikut menjadi konsorsium (kontraktor)," ujarnya. (Baca: Emir Qatar Tawarkan Kerja Sama Infrastruktur kepada Jokowi)

Dia ingin proyek Piala Dunia menjadi salah satu peluang baru bagi pengusaha Indonesia membuka perdagangan dengan Qatar. Dia menyebut volume perdagangan Indonesia dengan Qatar masih kalah dari Malaysia dan Singapura.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement