Presiden Tinjau Proyek Bendungan dan Rayakan HUT TNI di Banten

Setelah meninjau proyek Bendungan Karian, Presiden akan menanam jagung di Banten
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
4 Oktober 2017, 12:01
Jokowi
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten hari ini (4/10). Kunjungan ini dilakukan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk meninjau pembangunan infrastruktur di daerah tersebut.

"Di sana, Presiden akan melakukan peninjauan Bendungan Karian, yang berlokasi di Kelurahan Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten," seperti dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Presiden, Rabu (4/10).

(Baca: Kementerian PUPR Klaim 9 Bendungan Terbangun di Era Jokowi)

Bendungan Karian ini dibangun pada tahun 2015 dan menggunakan skema Kerjasama Operasi (KSO) antara Daelim Industrial Co. (Korsel), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dan juga PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Adapun pembangunan bendungan ini menggunakan pinjaman dari Korea Selatan senilai US$ 100 juta.

Proyek bendungan tersebut juga masuk di dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Proyek Strategis Nasional. Sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan satu proyek bendungan yakni bendungan Teritip di Kalimantan Timur telah rampung.

Selain meninjau pembangunan infrastruktur bendungan Jokowi juga memiliki agenda lain dalam kunjungan dua hari ke Banten. Setelah meninjau Karian, Jokowi juga akan bersilaturahmi dengan Kepala Desa seluruh Provinsi Banten. "Setelahnya Presiden akan menanam jagung," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

 Kegiatan Presiden akan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat tanah di Desa Muruy, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Selanjutnya Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan bermalam di Kabupaten Serang. Esok harinya akan menghadiri upacara Hari TNI ke-72 di Kota Cilegon.

Video Pilihan

Artikel Terkait