Kementerian PUPR Percepat Proyek Percontohan Anjungan Cerdas

Ameidyo Daud Nasution
2 Oktober 2017, 10:41
Anjungan Cerdas
www.pu.go.id
Anjungan Cerdas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) saat ini tengah menyelesaikan pembangunan dua proyek percontohan anjungan cerdas. Keduanya yakni Rambut Siwi di Kabupaten Jembrana, Bali dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Anjungan Cerdas Rambut Siwi ditargetkan dapat selesai lebih cepat dari jadwal semula yakni Mei 2018 menjadi Januari 2018. Sementara Anjungan Cerdas Tugu akan selesai pada akhir Mei 2018. Saat ini progres pembangunan Anjungan Cerdas Rambut Siwi sudah mencapai 80%. Sedangkan Anjungan Cerdas Tugu baru 57%.

"Pembangunan keduanya berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti," kata Kepala BPIW Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan dalam keterangannya Senin (2/10).  

Anjungan Cerdas merupakan tempat peristirahatan (rest area) multifungsi di jalan  nasional yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung. Pembangunan keduanya bertujuan meningkatkan keselamatan berkendara, sekaligus mendorong bangkitan ekonomi baru. Konsep anjungan cerdas ini diadposi dari tempat istirahat pengguna jalan di Jepang yang disebut Michino-Eki

Anjungan Cerdas ini dibangun secara modern. Beberapa fasilitas yang disediakan diantaranya tempat makan, pusat informasi, gerai ATM (anjungan tunai mandiri), ruang terbuka hijau, ampiteater (ruang pertunjukan terbuka), gedung pertemuan dan sarana edukasi. Terdapat juga fasilitas gedung untuk mempromosikan komoditas lokal dari UMKM serta ruang informasi infrastruktur di wilayah sekitarnya.

Pada proyek percontohan ini dipilih dua lokasi di Bali dan Jawa Timur, yang mulai dibangun pada akhir tahun lalu. Pembangunannya dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana dan Trenggalek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...