Dua Ruas Tol Trans Sumatera Sepanjang 83,7 Km Siap Beroperasi

Ameidyo Daud Nasution
29 September 2017, 11:19
Trans Sumatera
www.pu.go.id
Kedua ruas tol Trans Sumatera yakni Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Palembang- Indralaya sepanjang 22 km akan segera beroperasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan dua ruas tol Trans Sumatera sudah selesai pembangunannya dan akan segera meresmikan pengoperasiannya dalam waktu dekat. Kedua ruas tol tersebut adalah Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 kilometer (km) dan Palembang- Indralaya sepanjang 22 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan kehadiran tol ini akan meningkatkan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa. Tol ini semakin memperkuat struktur kawasan perkotaan metropolitan Medan-Binjai- Deli Serdang-Karo sebagai metropolitan terbesar ketiga terbesar di Indonesia.

Advertisement

Kota-kota tersebut akan terhubung dengan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi nasional di bagian Barat seperti kawasan industri Medan, Bandara Kualanamu, dan Pelabuhan Kuala Tanjung. Kemudian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkae, serta akses menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba karena akan terkoneksi dengan Tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar-Parapat.

"Untuk ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi peresmiannya tinggal menunggu jadwal Presiden saja. Semua sudah siap seratus persen termasuk rambu, marka jalan, dan infrastruktur pendukung jalan tol juga telah dipasang sempurna," ujar Menteri Basuki dalam keterangannya, Jumat (29/9). 

(Baca: Jokowi Minta Jepang Ikut Danai Proyek Tol Trans Sumatera)

Jalan tol ini terbagi menjadi tujuh seksi, tapi yang rampung pembangunannya saat ini baru enam seksi, yakni Seksi 1-6 sepanjang 52,85 km terbentang dari Tanjung Morawa hingga Sei Rampah. Sementara Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 8,87 km ditargetkan rampung pada April 2018, karena masih terkendala pengadaan lahan yang melewati kawasan permukiman. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement