Jokowi Desak 2 Menteri Agar Banten-Banyuwangi Tersambung Tol 2019

Ameidyo Daud Nasution
26 September 2017, 11:16
Jokowi Tol
www.setkab.go.id
Presiden saat mencoba Jalan Tol Semarang – Solo Seksi III : Bawen – Salatiga, di Gerbang Tol Salatiga, Kelurahan Tingkir Tengah, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Senin (25/9) sore.

Presiden Joko Widodo menargetkan ujung barat Provinsi Banten bisa tersambung tol tanpa terputus hingga ke Banyuwangi (Jawa Timur) pada 2019. Dia mendesak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk mengejar target proyek tol Trans Jawa tersebut.

“Yang janji bukan saya, tapi dua menteri. Menagihnya ke saya bisa, tapi nanti saya tagih ke Menteri PUPR, Menteri BUMN. Kapan? Saya kejar-kejar terus setiap hari,” kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Senin malam (25/9). 

Presiden mengatakan target yang dibebankan sangat penting mengingat adanya infrastruktur membuat Indonesia akan dapat berkompetisi dengan negara lain. Dia mengatakan hal ini saat meresmikan ruas tol Bawen-Salatiga di kota Salatiga (Jawa Tengah) kemarin. 

Menurutnya, faktor yang menjadi kunci dalam mengejar target ini adalah lahan. Pemerintah pun telah membuat aturan main untuk memudahkan proses pembebasan lahan ini, sehingga proses konstruksi bisa lebih cepat dimulai. Untuk tahun depan, Jokowi menargetkan setidaknya jalan tol trans sumatera sudah tersambung tanpa terputus mulai dari Merak (Banten) hingga Probolinggo (Jawa Timur).

(Baca: Tol Fungsional Jakarta - Semarang Ditargetkan Beroperasi 2018)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...