Menteri PUPR Minta Pengerjaan Tol Manado-Bitung Ditambah Jadi 3 Shift

Ameidyo Daud Nasution
20 September 2017, 13:00
Basuki
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Pemerintah berupaya mengebut pembangunan proyek-proyek strategis, salah satunya jalan tol pertama di Sulawesi, yakni ruas Manado-Bitung. Pengerjaan proyek tol ini akan dipercepat dengan menambah jam kerjanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah meminta proses konstruksi tol Manado-Bitung dikerjakan seharian penuh. Pekerjaannya ditambah menjadi tiga shift per hari dan tujuh hari seminggu.

Selain itu Basuki juga meminta kontraktor yang membangun tol tersebut menambah alat serta tenaga kerja. Pengerjaan dan proses konstruksi harus segera dilakukan pada bidang-bidang tanah tol yang telah dibebaskan sepanjang 39 kilometer.

"Ini agar sesuai rencana tahun 2019 bisa selesai," kata Basuki dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, Rabu (20/9).

Proyek Tol Manado-Bitung merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diprioritaskan pengerjaannya oleh pemerintah. Proyek tol ini dianggap sangat penting dan diperlukan di wilayah tersebut, lantaran kepadatan lalu lintas Manado – Bitung.

Saat ini lama perjalanan yang harus ditempuh kendaraan untuk melintasi dua kota tersebut bisa memakan waktu sekitar 90 hingga 120 menit. Padahal beberapa tahun sebelumnya, perjalanan dari Manado ke Bitung hanya memakan waktu 45 menit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...