Jokowi Perintahkan Menteri ATR Percepat Pembagian Sertifikat Tanah

Ameidyo Daud Nasution
18 September 2017, 19:04
Seritikat Tanah
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Warga menunjukkan sertifikat tanah yang baru diserahkan oleh Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa selama ini penerbitan sertifikat tanah masih lamban. Dia pun memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil untuk mempercepat penerbitan sertifikat tanah ini untuk masyarakat.

Dia mengungkapkan banyak sekali masalah sengketa lahan dikarenakan masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah. Permasalahan kerap terjadi antara individu, perusahaan, bahkan kerap terjadi sengketa lahan antara masyarakat dengan pemerintahnya sendiri. Hal ini terjadi di hampir semua provinsi. 

"Oleh sebab itu, saya perintahkan kepada Pak Menteri BPN percepat yang namanya penyerahan sertifikat untuk rakyat,"  kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jakarta, Senin (18/9).

Hal ini dikatakan Jokowi saat memberikan 4.212 sertifikat lahan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Adapun di Kabupaten Magelang pemerintah membagikan sebanyak 500 hingga 1.000 sertifikat tanah per tahun. Jokowi menganggap jumlah ini masih terlalu sedikit dan lambat.

(Baca: Jokowi Akan “Bagi-bagi” Lahan Perhutani untuk Rakyat)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...