Bulan Depan, Waskita Bangun Hunian Terintegrasi di Stasiun Bogor

Ameidyo Daud Nasution
11 September 2017, 16:01
Waskita
Arief Kamaludin|KATADATA
Waskita

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. melalui anak usahanya PT Waskita Realty akan mengembangkan kawasan atau Transit Oriented Development (TOD) di Stasiun Kereta Bogor. Di kawasan tersebut akan dibangun 1.500 unit hunian vertikal, yang pembangunannya akan dimulai pada 5 Oktober mendatang.

Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq mengatakan pembangunan hunian terintegrasi ini akan menggunakan aset milik PT Kereta Api Indonesia (Persero). Untuk menggarap proyek seluas 15 hektare itu Waskita harus merogoh kocek sebesar Rp 1,6 triliun. Nantinya dengan ada hunian menempel stasiun akan memudahkan masyarakat mengakses stasiun kereta.

Advertisement

(Baca: Perumnas Bangun Apartemen Rp 200 Juta di Stasiun Tanjung Barat)

"Kalau model ini berhasil akan dilanjutkan dengan model (TOD) berikutnya," kata Choliq dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara Waskita, KAI, serta Pemerintah Kota Bogor di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (11/9). Meski demikian Choliq belum menyebut berapa nilai jual properti ini nantinya.

Direktur Operasional Waskita Bambang Riyanto menjelaskan 1.500 unit apartemen ini akan tersebar di 8 tower utama. Selain hunian, rencananya akan ada wilayah komersial yang dipersiapkan untuk kegiatan perniagaan. "Jadi area untuk belanja masyarakat juga ada," katanya.

Sementara Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan adanya konsep hunian terintegrasi ini akan membantu mengurangi kepadatan lalu lintas di wilayahnya. Saat ini terdapat hampir 600 ribu warga Bogor yang berlalu lalang menggunakan moda kereta api ke Jakarta dan sekitarnya setiap harinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement