Jokowi Tawarkan Pengembangan Ekonomi Digital di Batam Kepada Singapura

Ameidyo Daud Nasution
7 September 2017, 20:37
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong
Laily Rachev | Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menawarkan kota Batam untuk dikembangkan investor Singapura. Daerah dianggap sebagai lokasi ideal untuk mengembangkan kerja sama ekonomi digital antara Indonesia dan Singapura.

Jokowi mengatakan beberapa pengembangan ekonomi digital yang dimaksud antara lain Digital Park Cluster di Nongsa, Batam. Lalu ada pengembangan inkubator start up (perusahaan pemula) serta pelatihan bagi pekerja sektor informatika maupun para pengajar. 

Advertisement

Pernyataan Jokowi ini diungkapkan saat memberikan keterangan pers bersama dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di The Istana, Singapura, hari ini. "Dengan kerja sama ini kami (Indonesia dan Singapura) akan melompat maju (di sektor digital)," kata Jokowi seperti dikutip dari rilis Sekretariat Presiden, Kamis (7/9).

Tahun ini Indonesia dan Singapura merayakan 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Singapura telah menjadi mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Presiden Jokowi juga meyakini pembentukan 'Indonesia-Singapore Business Council' pada bulan Juli lalu akan semakin meningkatkan hubungan antara pebisnis dua negara.

(Baca: PLN Akan Barter Gas dari Bontang dengan Perusahaan Singapura)

Kedua negara juga bersepakat mengembangkan kawasan pariwisata yang selama ini belum digarap secara maksimal. Salah satunya dengan cara pengembangan destinasi wisata bersama, peningkatan investasi infrastruktur pariwisata, pembangunan dermaga kapal pesiar hingga menggelar Meeting, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE). 

Apalagi Indonesia saat ini memiliki 10 destinasi wisata baru yang sedang dikembangkan. "Indonesia memiliki objek wisata yang lengkap mulai wisata sejarah sampai belanja," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement