Pemerintah akan Bangun dan Benahi Kampung Nelayan

Michael Reily
30 Agustus 2017, 18:31
Nelayan Bitung
Donang Wahyu|KATADATA

Pemerintah tengah mengupayakan pembangunan kampung di pesisir pantai untuk meningkatkan kualitas hidup nelayan. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berharap pembangunan permukiman nelayan dapat mendorong usaha perikanan tangkap dan kesejahteraan nelayan.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja mengungkapkan keadaan kampung nelayan di Indonesia memprihatinkan. Akses jalan, air bersih, sarana drainase, pengelolaan sampah, dan limbah masih kurang memadai. Selain itu, meningkatnya pertumbuhan penduduk tidak disertai dengan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dan kesehatan.

Sjarief menambahkan pada tahun depan, KKP menyiapkan anggaran Rp 28 miliar untuk membedah 100 kampung nelayan. Dia mengaku bakal memaksimalkan program dengan kerja sama perusahaan-perusahaan swasta untuk penataan kampung nelayan lewat program CSR (Corporate Social Responcibility).

(Baca: Menteri Susi Gandeng BRI dan BNI Bantu Pendanaan Nelayan)

Tahun ini pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk membangun dan menata kampung nelayan. "Kegiatan yang dilaksanakan adalah melalui Bedah Kampung Nelayan dan Bantuan Pemerintah untuk pembangunan fisik sarana publik di kawasan kampung nelayan," kata Syarief dalam keterangan resmi, Rabu (30/8).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...