Mitsubishi dan Itochu Berniat Relokasi Usaha Perikanan ke Indonesia

Michael Reily
28 Agustus 2017, 11:47
Bongkar muat ikan
Donang Wahyu|KATADATA
Aktivitas bongkar muat ikan tak selamanya dilakukan di pelabuhan perikanan samudera Bitung. Sejumlah kapal juga melakukan bongkar muat di dermaga-dermaga kecil yang terdapat di sekitar Bitung.

Dua perusahaan pengolahan ikan asal Jepang, Itochu Corporation dan Mitsubishi menyatakan keinginan untuk merelokasi pabriknya dari Thailand ke Indonesia. karena ketersediaan pasokan tuna di Tanah Air. Terkait peluang investasi ini, pemerintah bakal mengurus pembebasan bea masuk produk perikanan ke Jepang.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nilanto Perbowo mengatakan pemerintah tengah mengupayakan penanganan kebijakan bea masuk sektor perikanan dengan Jepang. Ini dilakukan untuk memudahkan transaksi perdagangan bagi pengusaha Jepang yang melakukan relokasi usaha ke Indonesia.

Advertisement

Penyelesaiannya akan dilakukan lewat penyesuaian Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA). "Seharusnya Jepang memberikan tarif bea masuk nol persen bagi semua produk perikanan Indonesia," kata Nilanto dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (26/8).

(Baca: Jepang Siap Bantu Pembangunan 6 Sentra Perikanan di Indonesia)

Dia merasa yakin pihak Jepang akan mendukung kerja sama antara kedua negara dalam sektor perikanan. Karena bahan baku perikanan Jepang berasal dari Indonesia. Menurut catatan KKP, stok ikan lestari Indonesia tahun tahun lalu mencapai 12,54 juta ton atau naik sekitar 71 persen dibandingkan 2013 yang hanya 7,31 juta ton.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rifky Effendi Hardjianto menyatakan perusahaan-perusahaan Jepang yang ingin berbisnis di sektor perikanan masih terhambat bea masuk. "Jepang masih mengenakan impor tarif 7 persen," kata Rifky akhir pekan lalu.

Rifky menjelaskan stok ikan tuna yang ada di wilayah pengolahan perikanan nasional menjadi daya tarik utama masyarakat Jepang. Dia juga menjanjikan akan menindaklanjuti proposal bisnis yang diajukan Mitsubishi untuk perdagangan tuna.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement