Penjualan Mobil Bekas di Situs OLX Menurun

Michael Reily
23 Agustus 2017, 16:56
Geliat Mudik
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Situs jual beli barang berbasis internet, OLX Indonesia mencatat adanya penurunan penjualan mobil bekas. Sepanjang sembilan bulan terakhir tahun lalu, penjualan mobil bekas di OLX tercatat stagnan. Sementara dalam enam bulan pertama tahun ini mengalami penurunan.

Chief Commercial Officer Agung Iskandar mengatakan penjualan mobil bekas pada kuartal I tahun ini tercatat mencapai 540 ribu unit. Total penjualan ini memang lebih tinggi dibandingkan data penjualan mobil baru yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang hanya 283 ribu unit.

(Baca: Terancam Stagnan Tahun Ini, Penjualan Mobil Juni-Juli Turun 1,4%)

Menurut Agung, penjualan mobil bekas pada kuartal I dipicu banyaknya produk mobil baru yang diluncurkan Agen Tungal Pemegang Merek (ATPM) pada awal tahun. Hal ini berdampak pada penurunan harga mobil bekas. Selain itu, adanya penurunan suku bunga kredit acuan Bank Indonesia menjadi 4,75% dan suku bunga perbankan bergerak di bawah 12%.

Agung mencatat, penjualan mobil bekas paling banyak pada semester pertama 2017 adalah Isuzu Panther dengan prosentase laku sebesar 78 persen dan Toyota Kijang sebanyak 65 persen. Dia menjelaskan pangsa pasar mobil bekas untuk OLX menjadi bagian yang terbesar digunakan oleh masyarakat. "Sekitar 80 persen adalah penjualan mobil bekas," ujarnya di Jakarta, Rabu (23/8).

Meski terlihat cukup tinggi, penjualan mobil di OLX sepanjang kuartal I-2017, ternyata mengalami penurunan hingga 28% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penurunan ini pun berlanjut di kuartal II tahun ini, yang totalnya hanya 531 ribu unit.

OLX mencatat, total nilai penjualan total transaksi untuk kategori mobil bekas mencapai Rp 27,85 triliun. Rinciannya, penjualan pada kuartal pertama sebesar Rp 29,5 triliun per bulan dan kuartal kedua hanya mencapai Rp 26,2 triliun.

Menurut Agung, penurunan ini terpengaruh dari kegiatan hari kerja yang semakin berkurang pada kuartal kedua 2017 karena libur bulan Ramadan dan libur sekolah. "Pada kuartal II, pola konsumsi masyarakat berkurang," ujarnya.

Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian, stagnansi penjualan mobil bekas sudah terjadi sejak kuartal II hingga kuartal IV tahun lalu. Bahkan di kuartal I dan kuartal II tahun ini mengalami penurunan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...