KAI Targetkan Kereta Bandara Mulai Beroperasi November 2017

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan saat ini pihaknya sedang menyelesaikan beberapa hal seperti pembangunan tiga stasiun tambahan.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
15 Agustus 2017, 20:16
Kereta bandara
ANTARA FOTO/Lucky R.
Pembangunan rel kereta api Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, 19 Januari 2017.

PT Kereta Api Indonesia menargetkan Kereta Bandara Soekarno Hatta - Manggarai dapat beroperasi mulai November mendatang. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan target tersebut dikejar agar masyarakat dapat menggunakan moda tersebut secepatnya.

"Optimistisnya bulan November (beropaerasi), akan kami kejar," kata Edi di Jakarta, Selasa (15/8). (Baca: Operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta Meleset dari Target Jokowi)

Edi mengatakan saat ini pihaknya sedang menyelesaikan beberapa hal seperti pembangunan tiga stasiun tambahan. Selain itu pekerjaan lain seperti perataan gundukan tanah di lokasi proyek juga akan segera dilakukan. Dia berharap seluruh rangkaian kereta bandara sudah masuk ke jalur tersebut dan proses izinnya pun sudah selesai pada Oktober.

Saat ini KAI sedang mempersiapkan untuk mendatangkan satu buah rangkaian kereta di Balai Yasa, Manggarai. Kereta ini merupakan hasil pabrikan Swedia, Bombardier, dan perakitannya dilakukan oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA. Kereta berwarna putih ini memiliki kapasitas 272 tempat duduk. Totalnya ada 10 rangkaian dengan tiap rangkaian terdiri dari 6 gerbong.

Direktur Logistik dan Pengembangan KAI Budi Noviantoro mengatakan satu rangkaian kereta telah datang di Manggarai. Dalam waktu dekat KAI akan melakukan uji coba rangkaian kereta tersebut melintas pada rute kereta bandara yang telah siap. "Dalam tiga atau empat hari akan kami coba," katanya.

(Baca juga: Bandara Helikopter Senilai Rp 260 Miliar Dibangun di Soekarno-Hatta)

Proyek ini sebenarnya telah molor dari target yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi sebelumnya menargetkan masyarakat bisa mulai menggunakan kereta bandara pada Juli 2017. Melihat perkembangan pembangunannya, Jokowi memperkirakan proyek ini bisa selesai tepat pada waktunya.

"Ya ini sesuai dengan progres, kereta dari kota (Stasiun Manggarai) menuju ke Bandara ini saya kira akan tepat waktu," kata Jokowi dalam keterangannya saat meninjau proyek tersebut, November 2016 lalu.ya udah masuk entu saja kalau udah masuk harua udah sites karena kami harapkan izin udah bebas. Kita itu lakukan semua sambil kita percepat pekerjaan lain.

Video Pilihan

Artikel Terkait