Penjualan Otomotif Naik, Bukti Ekonomi Indonesia Masih Kuat

Dimas Jarot Bayu
10 Agustus 2017, 18:33
Airlangga Hartarto
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Tangerang, Banten, Kamis, (10/08)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengaku cukup optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia masih kuat pada tahun ini. Hal ini terlihat dari penjualan industri otomotif masih mengalami pertumbuhan sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini. 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan otomotif sepanjang Januari-Juli 2017 mencapai 533.570 unit. Angka tersebut lebih tinggi 0,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Advertisement

Sementara, ekspor mobil Completely Built-Up (CBU) sebesar 113.269 unit, atau naik sekitar 20 persen  dibanding periode yang sama tahun lalu. Kementerian Perindustrian dan produsen otomotif menargetkan hingga akhir tahun ini ekspor mobil CBU bisa mencapai 200.000 unit.

(Baca: Segmen Otomotif Menyumbang Hampir Separuh Laba Astra)

Airlangga menilai, angka penjualan industri otomotif yang meningkat menandakan bahwa daya beli masyarakat masih cukup kuat. Hal ini membantah isu yang selama ini beredar terkait lesunya daya beli masyarakat tahun ini.

"Bahwa produksi otomotif meningkat di paruh kedua ini dan ini membuktikan daya beli masyarakat masih bertenaga," ujarnya saat membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (10/8).

Selain itu, Airlangga juga menilai  pertumbuhan ekonomi Indonesia masih cukup kuat karena ditopang perkembangan industri otomotif secara signifikan. Tahun ini saja sudah ada investasi yang masuk di sektor industri otomotif senilai Rp 16,5 triliun.

(Baca: Asosiasi Prediksi Penjualan Retail Masih Lesu Hingga Akhir Tahun)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement