BUMN Perkebunan Siapkan Lahan untuk Tol Padang-Pekanbaru

Ameidyo Daud Nasution
2 Agustus 2017, 19:57
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Foto udara proyek tol Trans Sumatera

Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru akan menggunakan lahan milik salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Perkebunan Nusantara. Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno usai rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (2/8).

Irwan mengaku telah mendapatkan lampu hijau dari PTPN untuk menggunakan lahannya sebagai salah satu bagian rute tol. Jalan ini membentang dari Sumatera Barat hingga Riau. Kepastian dari BUMN perkebunan ini tentunya akan membantu percepatan pengadaan lahan.

"Walau konsekuensinya kami harus buat terowongan," ujarnya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, usai Rapat Terbatas Evaluasi Proyek Strategis Sumatera Barat, Rabu (2/8). (Baca: Pembangunan Tol Medan Binjai Masih Terganjal Lahan)

Irwan memang tidak menjelaskan secara rinci berapa luas lahan PTPN yang akan dipakai untuk tol Padang-Pekanbaru. Dia hanya menjelaskan saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera barat telah menyiapkan lahan 29 kilometer (km) di sepanjang rute Padang-Bukittnggi. Sekitar 18 km diantaranya sudah dibebaskan.

Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru bisa dimulai tahun depan. Rute awal yang akan dibangun adalah Padang-Bukittinggi. Pemerintah pun sedang menyiapkan pendanaannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

(Baca: Jokowi Minta Jepang Ikut Danai Proyek Tol Trans Sumatera)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...