Kementerian ESDM Kaji Harga Gas Tiung Biru Agar Bisa Ekonomis

Anggita Rezki Amelia
15 Juli 2017, 10:00
Blok Cepu
Katadata
Blok Cepu

Pemerintah berupaya untuk membuat harga gas pada proyek Jambaran Tiung Biru di Blok Cepu bisa ekonomis. Saat ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mengevaluasi harga gas dari hulu hingga ke hilirnya.

Direktur Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja membenarkan perkembangan proyek Jambaran Tiung Biru masih dalam tahap negosiasi harga antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) alias PLN. Dalam upaya negosiasi ini, pemerintah mencoba mengevaluasi agar harga gasnya  tetap bisa ekonomis, sehingga dapat diterima antar kedua belah pihak. 

"Dalam progres sekarang sedang negosiasi harga gas, apa yang bisa diefisiensikan supaya hilir bisa menerima, hulu bisa ekonomis," kata Wiratmaja di Jakarta, Kamis (13/7). 

(Baca: Tekan Biaya, SKK Migas Akan Periksa Proyek Jambaran Tiung Biru)

 Sementara Kepala Divisi Pengadaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas Bumi PLN Chairani Rachmatullah mengatakan pihaknya akan mulai membicarakan mengenai proyek gas Jambaran Tiung Biru bersama Kementerian ESDM. Rencananya pembicaraan itu akan dilakukan dalam rapat hari ini, Jumat (14/7).

Namun, karena Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar masih berada di Balikpapan, Kalimantan Timur, rapat pun tertunda. "Penundaan rapat hari ini di ESDM karena Pak Wamen sibuk, geser ke minggu depan, pembahasan soal utilisasi Jambaran Tiung Biru," kata Chairani kepada Katadata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...