Rampung Akhir 2018, Jokowi Minta Tol Balikpapan Disambung ke Bontang

Ameidyo Daud Nasution
13 Juli 2017, 20:00
Tol Salatiga Bawen
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.
ilustrasi jalan tol

Mulai awal 2019, masyarakat Kalimantan sudah memiliki jalan tol. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pengerjaan proyek jalan tol Balikpapan–Samarinda di Kalimantan Timur bisa rampung pada Desember 2018. Setelah selesai, dia ingin proyek tol pertama di Kalimantan ini bisa berlanjut hingga ke Bontang.

Hal ini diungkapkannya saat meninjau langsung jalan tol pertama di Kalimantan tersebut hari ini. Dalam tinjauannya, Jokowi melihat sudah tidak ada lagi masalah dalam pembangunan jalan tol ini. Saat ini pembebasan lahan tol sepanjang 99,2 kilometer tersebut telah mencapai 92 persen. Sedangkan progres fisik pengerjaannya baru mencapai 25 persen.

Jokowi juga menjelaskan untuk pembangunan jembatan Manggar yang berada di tol tersebut saat ini pembangunannya capai 77 persen. Jokowi mengatakan Jembatan sepanjang 613 meter tersebut dapat seelsai dalam waktu dekat ini.

Meski waktunya kurang dari 1,5 tahun lagi, Jokowi tetap menekankan proyek tol ini bisa selesai akhir tahun depan. “Kami harapkan nanti setelah sampai di Samarinda akan diteruskan lagi ke Bontang,” kata Jokowi dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden, Kamis (13/7).

(Baca: Ke Balikpapan, Jokowi Bahas Pemindahan Ibu Kota dengan Gubernur Kaltim)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...