Pemerintah Akan Maksimalkan Potensi Rempah Nasional

"Mimpi besar kami, mengembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia," kata Amran
Michael Reily
9 Juli 2017, 09:00
Menteri Pertanian Amran Sulaiman
Katadata | Arief Kamaludin
Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Pemerintah berencana untuk mengembalikan kejayaan rempah nusantara yang sekarang meredup. Saat ini Kementerian Pertanian tengah menyusun strategi mengoptimalkan potensi rempah-rempah nasional. 

"Mimpi besar kami, mengembalikan kejayaan rempah-rempah Indonesia," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman kepada wartawan di Jakarta, Jumat, (7/7).

Amran mengatakan pihaknya akan memberikan benih gratis kepada seluruh petani rempah-rempah untuk ditanam di lahnnya masing-masing dan lahan yang disiapkan pemerintah. Selain itu, pemerintah juga akan menyiapkan alat dan mesin pertanian untuk mendorong target itu.

Benih yang disiapkan adalah benih holtikultura dan rempah-rempah seperti sukun dan cengkeh. Kementerian Pertanian akan memfokuskan penanaman benih ini di wilayah luar Jawa. "Seperti Maluku, Sulawesi, dan Bengkulu akan kami bangkitkan kembali," kata dia.

Menurut Amran, pemerintah akan menyiapkan anggaran yang besar untuk mencapai proyek tersebut. Namun, dia belum bisa memberikan berapa besaran nilai pastinya. (Baca: Kementan Anggarkan Rp 2,1 Triliun untuk Produksi Benih 2018)

Sampai saat ini, Amran menjelaskan bahwa proses persiapannya akan selesai. Setelah siap, pemerintah akan menunggu harga komoditas stabil, baru kemudian menjalankan program tersebut.

Mengenai ketersediaan lahannya, Amran mengaku telah berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. "Redistribusi lahan hutan sosial dan kami akan mengatur itu dengan baik," kata dia.

Dia optimistis jika program ini berjalan maka kehidupan ekonomi petani akan meningkat. Apalagi saat ini pendekatan yang difokuskan pemerintah adalah kesejahteraan masyarakat.

Video Pilihan

Artikel Terkait