Gelontorkan Rp 278 Triliun Untuk 'Meikarta', Lippo Bangun 100 Gedung

Miftah Ardhian
6 Juli 2017, 18:51
Meikarta
www.meikarta-lippocikarang.com

Grup bisnis raksasa nasional Lippo tengah membangun sebuah kota baru di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Kota baru yang diberi nama 'Meikarta' ini diklaim akan menjadi pesaing Jakarta. Untuk tahap pertama, Lippo akan menggelontorkan uang sebesar Rp 278 triliun untuk membangun sekitar 100 gedung tinggi dan fasilitas penunjang lainnya.

Pendiri Lippo Group Mochtar Riyadi mengatakan pihaknya akan membangun sebuah kawasan yang bukan hanya berfokus pada pembangunan pemukiman, tetapi juga dengan konsep perkotaan. Meikarta dibangun di atas lahan seluas 50 juta meter persegi dan akan memiliki fasilitas infrastruktur lengkap layaknya perkotaan.

"Tahap pertama akan dibangun seluas 22 juta meter persegi dengan nilai investasi Rp 278 triliun," ujar Mochtar saat acara halal bi halal Lippo Group, di Karawaci, Tangerang, Kamis (6/7). (Baca: Lippo Bangun Meikarta, Kota Industri di Cikarang Meniru Shenzhen)

Sementara itu, CEO Maikarta Ketut Budi Wijaya menjelaskan sedikitnya Lippo akan membangun 100-an gedung-gedung tinggi yang akan digunakan sebagai tempat hunian dan fasilitas lainnya. Dalam melakukan pembangunan tahap pertama ini, diperkirakan jumlah hunian berbentuk apartemen ini akan berjumlah 225 ribu unit.

"Yang sudah launching 16 ribu unit di Mei 2017. Nanti akan launching lagi dalam waktu dekat," ujar Ketut.

Tidak semua gedung tersebut akan dibangun untuk hunian. Nantinya, gedung-gedung ini akan digunakan juga untuk kawasan perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan, dan sebagainya. Ketut mengatakan investasi megaproyek ini akan menggunakan kas internal sebesar 40 persen dan 60 persen dari pihak luar.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...