Arcandra: 4 Proyek Masuk Daftar PSN Karena Hasilkan Gas Besar

Miftah Ardhian
4 Juli 2017, 15:10
Arcandra ESDM
Arief Kamaludin (Katadata)

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan alasan 4 proyek minyak dan gas bumi (migas) masuk dalam Proyek strategis Nasional (PSN), karena kapasitasnya yang cukup besar. Proyek akan bisa menghasilkan gas yang besar untuk memenuhi kebutuhan nasional.

Empat proyek migas nasional yang masuk dalam PSN adalah Pegembangan Blok Masela, proyek laut dalam Indonesian Deepwater Development (IDD), proyek pengolahan gas alam cair Tangguh Train 3 dan pengembangan lapangan gas Jambaran – Tiung Baru di Blok Cepu. 

(Baca: Empat Proyek Hulu Migas Prioritas Akan Dapat Kemudahan Lahan)

"Itu semuanya gas. Ini masa depan energi kita yang kelihatannya banyak di gas daripada minyak. Karena itu kita harus efisiensi, pakai teknologi yang tepat," ujar Arcandra saat ditemui usai acara Halal Bi Halal Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (4/7).

Cadangan gas Indonesia memang masih besar, sedangkan cadangan minyak terus menurun. Pemerintah juga sedang mengenjot konsumsi gas dengan mengalihkan (konversi) penggunaan produk minyak ke gas. Meski begitu, saat ini produksi gas nasional cenderung menurun. Makanya perlu ada proyek-proyek pengembangan gas baru untuk menggenjot produksi mendatang.

Arcandra berharap dengan masuknya 4 proyek tersebut dalam PSN, beberapa kendala yang kerap dihadapi dalam pembangunan, bisa segera diselesaikan. Proyek-proyek yang masuk daftar PSN, akan mendapat kemudahan dalam koordinasi lintas kementerian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...