Investor dari 4 Negara Berebut Beli Ruas Tol Waskita Karya

Miftah Ardhian
26 Juni 2017, 15:00
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin
Waskita KATADATA|Arief Kamaludin

PT Waskita Karya (Persero) Tbk. telah membuka lelang beberapa ruas tol yang dimilikinya. Sejauh ini, sudah ada investor dari empat negara dan beberapa perusahaan domestik yang telah menyatakan minatnya untuk ikut dalam lelang tersebut.

Sekretaris Perusahaan Waskita Karya Shastia Hadiarti menjelaskan, saat ini proses lelang tersebut tengah memasuki tahap due diligence (uji tuntas) dari masing-masing investor. Pada proses terdapat banyak investor dari dalam dan luar negeri yang telah menyatakan minat mengikuti lelang tersebut.

Tercatat, beberapa perusahaan dari empat negara telah menyatakan minatnya. "Jadi total 14 investor yang berasal baik dari luar maupun dalam negeri," ujar Shastia kepada Katadata, di jakarta, Jumat (23/6). (Baca: Cari Dana Segar, Waskita Karya Lego 17 Ruas Tol Miliknya)

Sahstia menjelaskan dana yang akan terhimpun dari hasil penjualan beberapa jalan tol ini akan digunakan untuk mendanai pembangunan tol-tol baru. Namun, dirinya enggan merinci proyek tol mana saja yang tengah diincar oleh perusahaan pelat merah tersebut. Saat ini, pihak Waskita Karya masih melakukan kajian untuk mengikuti lelang pengadaan tol-tol baru.

Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq mengungkapkan keempat negara yang telah menyatakan minatnya untuk mengikuti lelang tersebut adalah dari Kanada, Malaysia, Tiongkok, dan Australia. Sedangkan, beberapa 'pemain' tol lokal yang menyatakan minatnya adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan anak usaha anak usaha PT Astra International Tbk.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...