Tiongkok Investasi Rp 21,7 Triliun di Morowali

Safrezi Fitra
19 Juni 2017, 11:39
Pabrik baja
Agung Samosir | Katadata

Beberapa perusahaan asal Tiongkok telah sepakat menanamkan modalnya di Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah. Nilai investasi yang dikeluarkan perusahaan-perusahaan tersebut totalnya mencapai US$ 1,63 miliar atau sekitar Rp 21,7 triliun. Investasi ini dilakukan dengan menggandeng peruhasaan lokal.

“Kami mengapresiasi adanya kerja sama B to B (Business to Business) kedua negara, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendalaman struktur serta peningkatan daya saing industri nasional. Bahkan juga mampu memacu pemerataan pembangunan dan kesejahteraan di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangannya akhir pekan lalu.

Komitmen tersebut terealisasi melalui penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Tsingshan Group dan Delong Group dengan PT Indonesia Morowali Industrial Park. Kerja sama ini terkait pembangunan pabrik baja karbon (carbon steel) di kawasan industri Morowali. Kapasitas produksi pabrik yang akan dibangun mencapai 3,5 juta ton per tahun dan total nilai investasi sebesar US$ 980 juta.

(Baca: Tiga Provinsi Disiapkan Tampung Investasi Tiongkok Rp 372 Triliun)

Selain itu, ditandatangani pula MoU antara Tsingshan Group dengan Bintang Delapan Group dan PT Indonesia Morowali Industrial Park terkait kerja sama pembangunan pembangkit tenaga listrik di kawasan industri tersebut. Pembangkit berkapasitas 700 megawatt (MW) ini akan menelan investasi sebesar US$ 650 juta.

Menurut Airlangga, kerja sama ini merupakan salah satu tindak lanjut pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Pertemuan ini terkait peningkatan kerja sama ekonomi Indonesia-Tiongkok pada Belt and Road Forum for International Cooperation di Beijing, Tiongkok, pada Mei lalu.

“Terkait Belt and Road Initiative, Kemenperin juga telah mendorong peningkatan kerja sama investasi Tiongkok di kawasan industri Tanah Kuning (Kalimantan Utara), serta kawasan industri prioritas lainnya seperti di Sumatera Utara dan Sulawesi Utara,” paparnya.

Penandatanganan kedua MoU dilakukan di sela pelaksanaan China-Indonesia Cooperation Forum: Belt and Road Initiative and Global Maritime Fulcrum di Beijing, Tiongkok, 16 Juni 2017. Beberapa pejabat Indonesia yang menyaksikan kesepakatan kerja sama tersebut, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong, dan Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Sugeng Rahardjo. Sementara Menteri Airlangga diwakili oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Harjanto serta Dirjen Pengembangan Perwilayahan Industri (PPI) Imam Haryono.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...